Bagaimana Cara Melukis menggunakan AI, Siapakah Pelopor Lukisan AI dan Petunjuk Untuk Pemula

Bagaimana cara melukis dengan AI, pelopor lukisan ai,

Bagaimana Cara Melukis menggunakan AI, Siapakah Pelopor Lukisan AI dan Petunjuk Untuk Pemula. Gambar: pixabay.com

Bagi seorang coder kampret yang punya pengalaman sedikit di bidang seni rupa seperti saya, membuat lukisan karya seni berupa lukisan menggunakan teknologi AI adalah sebuah pengalaman yang baru dan sangat menarik. Apalagi dalam 5 tahun terakhir ini saya memang lebih menghususkan diri menjadi seorang digital design untuk membuat gambar, vector, dan lukisan digital. Karena itulah beberapa sampul buku karya saya yang digunakan oleh penerbit seperti Allsysmedia tahun 2022, proses pembuatannya sudah menggunakan teknologi AI. 

Sebelum menjawab beberapa pertanyaan pembaca dan beberapa client Allsysmedia tentang AI, saya terlebih dahulu menyampaikan dengan rendah hati bahwa saya bukanlah pakar AI atau profesional di bidang AI. Bahkan Denny JA lebih dulu membuat lukisan dengan bantuan AI dari pada saya. 

Saya tak lebih dari hanya seorang travel writer yang dan webmaster yang lebih banyak menulis puisi dan punya hobi digital design saja. Kadang-kadang membuat coding untuk para klient yang sedang kepepet. Barangkali karena itu pulalah beberapa orang di luar sana kemudian menyebut saya coder kampret. 

Saya harus melakukan diclaimer ini agar para pembaca blog ini tidak kecele dan faham bahwa saya hanyalah seorang umat manusia yang begitu terpesona melihat dunia ini telah berubah dari mimpi fiksi ilmiah menjadi kenyataan hampir setiap saat. 

Nah, karena saya bukan seorang pakar AI, maka dalam artikel ini, saya pun hanya akan berbagi soal-soal yang sepele dan praktis-praktis saja, yaitu bagaimana menggunakan kekuatan teknologi AI ini untuk membuat lukisan kita sendiri!

Apa itu lukisan AI?

Sebelum lebih jauh membicarakan cara kerja AI bisa mewujudkan karya seni lukisan ini, maka kita perlu menyepakati dulu bahwa yang saya maksud Lukisan Ai itu adalah  adalah jenis seni digital yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat gambar dan kemudian membaginya dengan orang-orang. Hasilnya mengesankan, tetapi juga bisa sulit dinavigasi jika para pembaca tidak yakin apa yang kalian lihat.

Secara sederhana dapat saya gambarkan cara kerjanya adalah: sebuah program komputer menganalisis isi foto Anda, membandingkannya dengan ribuan foto lain dalam database-nya. Program ini memindai setiap gambar untuk mencari fitur-fitur utama-seperti warna atau nada-dan memberikan poin karakteristik tersebut berdasarkan kepentingannya dalam kaitannya satu sama lain; hal ini memungkinkan program untuk menciptakan representasi akurat dari foto Anda berdasarkan faktor-faktor ini saja!

Pelopor lukisan AI.

Siapakah manusia paling iseng yang telah menjadi pelopor lukisan AI?

Saya sebenarnya pun tak mengetahui pasti, tapi dari yang saya baca sana sini, pelopor lukisan AI adalah perangkat lunak yang menggunakan AI untuk menghasilkan lukisan, juga dikenal sebagai seni generatif. 

Hal tersebut pertama kali dikembangkan oleh tim Magenta Google dan dirilis pada Maret 2018. Program ini menggunakan TensorFlow, perpustakaan pembelajaran mesin sumber terbuka yang dirancang untuk komputasi numerik dan pembelajaran mendalam. Anda bisa menggunakannya di perangkat Android dan iOS!

Lalu bagaimana cara AI melukis, Apakah ia seperti Picasso?

Lukisan AI menggunakan 'jaringan saraf'. Neural networks adalah jenis program komputer yang belajar memecahkan masalah dengan menganalisis data dan menyesuaikan perilakunya. Semakin banyak data yang Anda berikan, semakin baik dalam memprediksi apa yang ingin sobat lakukan selanjutnya.

Neural network dapat digunakan untuk segala macam hal: mendeteksi kanker payudara, menerjemahkan bahasa antara budaya yang berbeda (seperti bahasa Arab dan Spanyol), mengenali objek dalam foto atau video (seperti wajah atau mobil), dll., tetapi mereka sangat baik dalam mengenali pola dalam jumlah besar informasi - itulah sebabnya mengapa begitu banyak teknik AI melibatkan menemukan korelasi antara angka atau kata atau gambar seperti lukisan!

AI belajar dengan melihat objek kehidupan nyata seperti lukisan atau foto dari berbagai era dan tempat di seluruh dunia; kemudian ketika sobat pembaca bertanya apa yang terjadi selanjutnya dalam cerita/game/apa pun yang belum saya jelaskan... AI akan menggambar sesuatu yang baru berdasarkan input tersebut di atas!

Lalu bagaimana memulai dengan perangkat lunak lukisan AI?

  • Gunakan Prisma

  • Pilih foto untuk dikerjakan.

  • Gunakan AI untuk membuat lukisan.

AI akan membuat lukisan untuk Anda, dengan gaya pilihan Anda!

Membuat lukisan dengan AI untuk pemula

Selanjutnya saya akan membagikan tutorial singkat bagaimana membuat lukisan dengan AI. Dimana lukisan AI merupakan sebuah bentuk seni baru yang memukau saya. Lukisan AI belum sepopuler jenis seni vektor lainnya (seperti Adobe Illustrator atau Corel Painter), tetapi saya yakin ia memiliki potensi untuk jauh lebih mudah diakses oleh pemula, penghobi, para perupa dan tentu para kreator seni digital. 

Perangkat lunak lukisan AI telah ada sekarang, tetapi teknologi di baliknya baru saja tersedia dalam alat yang ramah konsumen seperti Canva atau aplikasi Pablo Picasso sendiri, atau Magisto. Cukup mudah untuk memulai dengan program-program ini dengan mengikuti beberapa tutorial dasar di YouTube sana atau di tempat lain secara online - dan jika Anda sudah terbiasa dengan perangkat lunak pembuatan grafik vektor seperti Photoshop atau InDesign, maka sobat beralih akan lebih mudah dari sebelumnya!

Bagian terbaik mengenai bagaimana menggunakan lukisan AI ini adalah tak ada aturan saat membuat sesuatu yang baru dengan perangkat lunak semacam ini! Sobat pembaca dapat melakukan apa pun yang kalian inginkan; tidak ada batasan tentang jenis karya seni apa yang seharusnya terlihat (selain tetap berada dalam batas-batas apa yang menurut desainer kami terlihat paling baik). 

Jadi, apakah itu berarti menciptakan sesuatu yang indah secara abstrak atau hanya menambahkan beberapa warna ke dalam gambar yang sudah ada tanpa mengubah apa pun tentang komposisinya, tidak masalah, karena sekali lagi: tidak ada aturan yang berlaku atau mengikatnya!

Kesimpulan 

Okey, agar tidak semakin panjang saya melantur sana sini. Singkatnya artikel ini hanyalah guiding saja untuk sobat pembaca yang masih pemula. Tapi bagi yang ingin mendalami lebih jauh dan ingin mencoba praktik membuat lukisan dengan AI silahkan menggukan perangkat lunak AI Painting di komputer atau gadget sobat semua. Kini ada banyak perangkat lunak AI Painting tersedia di internet yang dapat sobat gunakan seperti AI Headshot Generatorstarryai dan lain sebagainya. 

Sebagai referensi sobat silahkan baca arktikel yang ditulis oleh Artturi Jalli, seorang Tech enthusiast dari Finladia Desember ini di blognya codingem.com, dimana ia membagikan 13 Best AI Art Generators yang bisa para sobat gunakan.

Selamat mencoba ya... 

LihatTutupKomentar